ICW curigai Safari Ramadhan Fauzi Bowo


Jakarta Calon incumbent Fauzi Bowo (Foke), belakangan gencar melakukan Safari Ramadan ke masjid-masjid. Hal ini merupakan bagian dari tugas Gubernur DKI Jakarta. Naman hal tersebut dicurigai oleh ICW dengan kecurigaan yang mengada-ada dan seolah perlu dievaluasi dengan kecurigaan sebagai bentuk kampanye. Kecurigaan negatif ini dikemukakan oleh koordinator politik ICW.
“Program-program pemerintah yang populis perlu dievaluasi dan diawasi. Seperti pemberian sumbangan yang dilakukan oleh incumbent kepada masjid-masjid selama Safari Ramadan, itu anggarannya dari mana? APBD atau dana pribadi?” ujar Koordinator Bidang Politik ICW, Abdullah Dahlan, kepada wartawan, Selasa (7/8/2012).
Menurut Abdullah, memang dalam anggaran bantuan sosial (bansos) ada alokasi Rp 15 juta untuk tiap tempat ibadah, tetapi yang tidak tepat adalah waktu pembagiannya. Seolah sengaja dilakukan bersamaan dengan momentum putaran kedua pilgub DKI. Dahlan mengaku ini boleh dilakukan.
“Bukan nggak boleh, tapi jangan sampai didistribusikan dalam momentum Ramadan seperti ini, karena harus dibedakan antara kampanye dengan program pemerintah,” ungkapnya.
Ia juga menyoroti maraknya iklan Gubernur DKI terutama soal prestasi-prestasi pemerintah provinsi. Iklan tersebut memang untuk kepentingan pemprov, tetapi secara tidak langsung Foke mencitrakan dirinya untuk putaran kedua Pilgub DKI.
“Pengawasan program-program populis seperti ini bisa dilakukan oleh Panwaslu, jangan sampai dana APBD menjadi ajang kampanye incumbent,” tuturnya.
Ia juga menyatakan peran evaluasi bisa dilakukan oleh DPRD untuk meninjau kembali soal anggaran belanja pemerintah provinsi. “DPRD dalam memainkan peran dalam proses persetujuan anggaran pemerintah, ini juga bisa mengambil peran dalam fungsi pengawasan,” pungkasnya.
(bal/trq)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s