Alex Noerdin–Nono Sampono menjamin rasa aman pengusaha muda Jakarta


JAKARTA – Calon gubernur dan calon wakil gubernur (cagub dan cawagub) DKI Jakarta yang diusung Partai Golkar, PPP, dan PDS, H Alex Noerdin dan H Nono Sampono, menjamin rasa aman bagi para pengusaha muda di Jakarta.

Selain rasa aman, peraturan dan perizinan akan dipermudah, sehingga membantu para pengusaha muda di Ibu Kota dalam mengembangkan bisnisnya. “Saya dan Pak Nono Sampono siap menjamin rasa aman bagi para pengusaha muda anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) DKI Jakarta. Rasa aman itu sangat penting. Selain rasa aman, pengurusan perizinan dipermudah, tidak ada pungutan liar (pungli) yang selama ini memberatkan anggota Hipmi Jaya,” ujar Alex Noerdin dalam dialog dan silaturahmi cagub dan cawagub DKI yang mengangkat tema “Membangun Kewirausahaan di Jakarta”, Rabu (9/5).

Dialog terbuka dihadiri cawagub PKS Didik J Rachbini, cawagub PDIP, Gerindra, Basuki Tjahja Purnama (Ahok), cawagub independen Ahmad Riza Patria dan pasangan cagub-cawagub perseorangan Faisal Basri-Biem Benyamin. Sebagai panelis Ketua Hipmi DKI Bagoes Hermanto dan pengusaha muda Sarman Mimanjorang.

Lebih lanjut Alex Noerdin yang juga Gubernur Sumatera Selatan mengatakan, tidak pernah cukup kalau hanya mengandalkan dana dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) untuk membangun Jakarta. Karena itu, harus membuka kesempatan seluas-luasnya kepada dunia swasta, yang melibatkan kalangan pengusaha muda Indonesia.

Pembangunan kota yang melibatkan pengusaha muda sudah dilakukan sejak lama. “Zaman Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin juga sudah melibatkan swasta. Ir Ciputra membangun Taman Impian Jaya Ancol, tempat rekreasi yang bergengsi, padahal Ancol sebelumnya adalah tempat sampah,” kata Alex.

Di Sumatera Selatan, menurut Alex Noerdin, dalam membangun wisma atlet dan kompleks olahraga untuk SEA Games 2011, yang menelan dana sekitar Rp 2,2 triliun, juga melibatkan banyak pengusaha muda, karena anggaran dari pemerintah pusat dan Pemprov Sumsel hanya Rp 1,6 triliun.

Guna mendorong tumbuh kembangnya kewirausahaan dari kalangan muda untuk dapat menjadi pengusaha yang sukses sehingga mampu menciptakan lapangan kerja baru, mengurangi angka pengangguran, maka apabila Alex-Nono dipercaya oleh warga Jakarta untuk menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI periode 2012-2017, akan digulirkan kredit usaha kecil menengah tanpa agunan.

“Tentu saja, kredit tanpa agunan itu tetap sesuai aturan-aturan yang diberlakukan agar mampu mendorong usaha mereka. Tidak mungkin diberikan kepada orang yang baru membuka usaha karena dikhawatirkan kredit tanpa anggunan itu diselewengkan,” katanya.

Selain Alex Noerdin, para calon gubernur dan wakil gubernur yang hadir di dalam dialog tersebut yakni Faisal Basri, Didik J Rachbini, Ahmad Riza Patria dan Basuki Tjahaja Pur nama alias Ahok.

Pada kesempatan pertama Ahok menyampaikan visi dan misi. Ia mengatakan, duet Jokowi dan Ahok jika terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI akan melakukan pembinaan kepada generasi muda yang ingin berwirausaha.

Sementara Faisal Basri menuturkan, bila dirinya terpilih menjadi Gubernur DKI maka akan mengembangkan pendidikan yang sesuai dengan kondisi Jakarta. “Jakarta merupakan kota jasa. Jadi di sini jangan bikin pabrik. Jangan pula bikin SMK yang hanya bikin pesawat atau mobil. Tapi SMK yang orientasinya ke pengembangan usaha yang sesuai dengan kota jasa,” paparnya. Debat cagub DKI tidak diikuti oleh pasangan kandidat Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli. []

Sumber: Suarakarya-online.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s