Banyak Calon memudahkan warga Jakarta menentukan pilihan


DEPOK – Sosiolog Perkotaan yang juga Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar Rusliwa Soemantri menilai banyaknya pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta akan memudahkan warga ibu kota untuk menentukan pilihan.
Hal ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi masing-masing pasangan untuk membuat konsep terbaik dan pertarungan akan berjalan semakin sehat.
“Saya kira makin banyak calon yang mempunyai konsep dan partisipasi makin baik, sehingga para peneliti di kampus bisa menganalisis. Tetapi si pemilih bisa punya banyak kesempatan memilih calon dengan variasi yang cukup besar. Sebelumnya cuma 2 pasang, sekarang ada 6 dan akan tawarkan spektrum segi konsep dan ketokohan yang menarik,” jelasnya kepada wartawan di Kampus UI, Depok, Rabu (4/4/2012).
Gumilar juga yakin masyarakat Jakarta didominasi kalangan yang melek politik dan berpendidikan baik. Sehingga bisa memilih figur mana yang bakal mampu mengurai persoalan Jakarta.
Terlebih, permasalahan Jakarta saat ini sudah sangat kompleks. Jakarta, menurut Gumilar, membutuhkan pemimpin yang inovatif, cepat, dan visioner. “Banjir, macet, lingkungan kumuh, kriminalitas, masalah ini membuat Jakarta butuh pemimpin yang inovatif, bukan saja visioner, tetapi butuh yang bisa membuat mimpi terwujud dengan cepat,” imbuhnya.
Disinggung soal sosok calon, Gumilar menilai sosok Jokowi populer di seluruh Indonesia, tak hanya di Jakarta. UI, kata dia, juga akan berupaya bekerjasama dengan media massa serta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menggelar debat cagub.
“Pak Jokowi yang sampaikan kuliah umum, kalau ada cagub lain yang ingin kuliah umum di UI silakan, karena mahasiswa sebagai kalangan yang cerdas mampu menilai secara objektif,” katanya.

(ded)

i

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s