Calon Perseorangan Terancam Dicoret?


 

Serang, Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Banten dari perseorangan Dwi Jatmiko-Tjetjep Mulyadinata terancam gagal ikut Pemilihan Gubernur Banten. Hasil verifikasi faktual, persyaratan dukungan yang dimiliki pasangan tersebut tidak mencapai 410.313 dukungan.

Ketua Pokja Pendaftaran KPU Banten Agus Supriatna mengatakan, dari hasil verifikasi faktual, jumlah dukungan pasangan Dwi Jatmiko dan Tjetjep Mulyadinata hanya mencapai 166.562 dukungan atau masih terdapat kekurangan sebanyak 243.751 dukungan. “Sehingga pasangan Dwi dan Tjetjep harus kembali menyiapkan dukungan baru,” kata Agus, Jumat (15/7).

Agus menyatakan, sesuai pasal 40 Peraturan KPU Nomor 13/2010 disebutkan, jika ditemukan dukungan ganda saat dilakukan verifikasi faktual maka harus kembali menyerahkan dukungan baru maksimal dua kali lipat dari dukungan yang dianggap ganda tersebut. “Itu maksimalnya dua kali lipat, tapi setidaknya pasangan Dwi dan Tjetjep harus memenuhi minimalnya lebih dari jumlah dukungan yang kurang tersebut,” ujar Agus.

Untuk tenggat waktu penyerahan dukungan hanya diberikan waktu selama 7 hari atau terhitung dari tanggal 16 -22 Juli 2011 mendatang. “Setelah menyerahkan dukungan baru, kami akan lakukan verifikasi faktual kembali,” katanya seperti dikutip wartawan..

Jika dari hasil verifikasi tersebut dukungan kembali kurang, maka secara otomatis pasangan Dwi Jatmiko dan Tjetjep Mulyadinata tidak memenuhi persyarat untuk menjadi Calon Gubernur dan Wakil Gubernur.

Termasuk pasangan Dwi Djatmiko-Tjetjep, dengan demikian, kursi Gubernur Banten 2012-2017 akan diperebutkan empat pasangan. “Jumlah pasangan bakal calon yang mendaftar hingga hari terakhir Kamis pukul 24.00 WIB hanya empat pasang, satu unsur perorangan, tiga unsur parpol dan gabungan parpol,” kata Agus Supriyatna lagi. Tiga pasangan lain adalah Ratu Atut Chosiyah-Rano Karno, Jazuli Juwaini-Makmun Muzaki dan Wahidin Halim-Irna Narulita.

Pasangan Ratu Atut Chosiyah-Rano Karno didukung 11 partai koalisi dengan memiliki 49 kursi di DPRD Banten, antara lain, Partai Golkar, PDIP, Hanura, Gerindra, PKB, PAN, PBB, PPNUI, PKPB, PDS dan PPD. Pasangan Jazuli Juwaini-Makmun Muzaki diusung partai koalisi PKS, PPP, PKNU dan PBR. Pasangan Wahidin Halim-Irna Narulita hanya diusung Partai Demokrat yang memiliki 18 kursi di DPRD Banten. (wit, wk, tem)

WordPress Tags: Calon,Perseorangan,Terancam,Dicoret,Serang,Pasangan,Banten,Jatmiko,Tjetjep,Mulyadinata,Pemilihan,Gubernur,Hasil,Ketua,Pokja,Pendaftaran,Agus,Supriatna,Sehingga,Jumat,Peraturan,Nomor,Untuk,Juli,Setelah,Tempo,Interaktif,Jika,Wakil,Termasuk,Djatmiko,Jumlah,Kamis,Supriyatna,Tiga,Ratu,Atut,Chosiyah,Rano,Karno,Jazuli,Juwaini,Makmun,Muzaki,Wahidin,Halim,Irna,Narulita,DPRD,Partai,Golkar,PDIP,Hanura,Gerindra,PPNUI,PKPB,PKNU,Demokrat,dari,verifikasi,faktual,dukungan,yang,tersebut,tidak,mencapai,hanya,atau,harus,kembali,baru,kata,ganda,maka,menyerahkan,kali,lipat,memenuhi,kurang,waktu,hari,akan,dengan,kursi,empat,unsur,parpol,koalisi,memiliki,diusung

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s